FOOD FACT : SURABI BANDUNG



FOOD FACT :

Siapa orang Indonesia sekarang yang gak keknal sama Surabi Bandung ? Setiap daerah di Indonesia mungkin mempunyai nama nama yang berbeda untuk salah satu makanan ini. Secara Bahasa Surabi berasal dari kata 'Sura' yang berarti 'Besar' untuk orang Sunda. ataupun 'Suro' yang juga berarti 'Besar' untuk orang Jawa. Pada zaman kita kecil dulu, mungkin Surabi ini sering kita temui di pasar pasar Traditional, dan mungkin hngga sekarang pun masih ada. Tetapi Surabi sekarang 'naik kelas' seiring perkembangan zaman, dengan rasa yang manis dan gurih. membuatnya menjadi makanan yang secara tidak sengaja 'dieksperimen' dengan sedemikian rupa dan menjadikan Surabi menjadi lebih menggoda seperti foto pada postingan ini.
Tetapi masih muncul perdebatan apakah Surabi ini adalah makanan khas Indonesia atau bukan. Karena kudapan dengan bahan campuran terigu dan ragi ini juga ada di India yang mereka sebut dengan 'appam', dan juga ataukah makanan ini adalah salah satu peninggalan Belanda dulu karena bentuknya yang mirip dengan pancake, dan ada jajanan dari Sumatera Barat dengan nama Pinukuik yang terpengaruhi oleh pancake.

REVIEW :

Saya mencoba bernostalgia dengan Surabi ini setelah jajanan ini tiba tiba memenuhi isi kepala saya. Karena rasa ingin yang besar akhirnya saya mencari snack traditional ini di Batam. Dan saya menemukannya di Mall TOP 100 Batu Aji. Setelah melihat menunya, saya berfikir jika memang Surabi ini telah 'naik kelas' menjadi snack yang lebih modern dengan beberapa campuran. Jika Surabi dulu hanya ada Surabi Oiginal dengan bentuk pipihnya dan dicampur santan, sekarang terlihat berubah dengan Beberapa saus yang menemaninya. Ya saya kira memang perlu menyesuaikan selera. Ada beberapa saus yang ditawarkan, seperti durian, coklat durian, strawberry, coklat, bluberry, ataupun semacamnya. Akhirnya saya ingin mencoba satu porsi Surabi Coklat Durian.

Seperti yang saya bayangkan, rasa gurih dari Surabinya terasa blend dengan campuran meises di dalamnya. dan Selai Durian dan Susu Coklat menutupi seluruh bagian Surabi, sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup. Apalagi yang sedang rindu sama jajanan jajanan kampung, akan lumayan bisa bernostalgia walaupun hanya 10 menit haha. Harganya pun juga tak terlalu mahal, hanya sekitar Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000 sesuai topping  yang anda pesan. Kalau di compare dengan harga Surabi yang ada di kenangan bro dan sis ya pastinya jauh hehe. 

Oke, cukup segini review saya dengan Surabi Bandung, semoga membuat anda semakin rindu dengan jajanan ini. hehe.. byee

Comments

Post a Comment

Popular Posts