Serupa Tapi Tak Sama! Perbedaan Pastel, Panada, Dan Luti yang Bikin Kamu Bingung

Banyak sekali makanan makanan di Indonesia ini yang sebenarnya mirip mirip, entah itu mirip secara tampilan atau visualnya, rasanya, bahkan cara pembuatannya. Terkadang berbeda cara pembuatan yang sederhana saja bisa merubah nama makanan tersebut. Nah di postingan kali ini saya ingin membahas tentang jajanan jajanan Nusantara yang mirip tapi beda. Apa saja itu ? mari kita ulas.

1. Pastel


Pastel
Jajanan ini saya letakkan pada nomor 1 karena saya anggap sebagai jajanan sejuta umat. Karena pastinya kita sudah sangat familiar sama kudapan yang satu ini. Saking familiarnya, untuk menemukan si pastel ini juga sangat mudah. Warung warung tenda dan gorengan gerobak juga banyak yang menjual jajanan ‘berkepang’ ini. Yang paling sering ditemui adalah pastel dengan isi kentang wortel dan irisan telur biasanya juga dilengkapi dengan irisan daun bawang yang membuat aroma filling nya lebih harum. Tapi ternyata di daerah Batam Kepulauan Riau juga punya pastel unik yang mereka namai dengan “Epok-Epok”. Meski sama persis secara visual tapi jika kita buka dalamnya, isiannya berbeda dengan pastel yang kita temui. Epok – Epok biasanya berisi dengan ‘keledek’, yaitu ubi jalar yang dipotong dadu dan dibumbui campuran udang rebon dan bumbu kari pedas.

Epok- Epok


Mungkin juga di daerah lain punya nama sendiri untuk jenis pastel ? saya yakin ada.

2. Panada


panada


Jajanan yang diketahui dari daerah Minahasa ini sejatinya adalah warisan dari bangsa Portugis atau Spanyol yang secara historis pernah menjajah daerah Nusantara meski tak selama Belanda. Secara tampilan kudapan ini sangat mirip dengan pastel, dan kita tidak akan tahu perbedaannya jika kita tidak merasakan teksturnya dan rasa dari isi panada itu sendiri. Jika Pastel cenderung berkulit tipis dan renyah saat digigit, beda halnya dengan panada yang lebih tebal karena menggunakan adonan roti seperti donat. Isiannya pun juga jauh berbeda dengan pastel. Panada biasanya menggunakan olahan ikan untuk isiannya, entah itu abon tongkol, pampis tuna ataupun olahan ikan lain. Tetapi ada juga yang memakai sayuran untuk filling panada, tergantung sesuai selera.

3. Luti Gendang



Nama Luti Gendang pasti tidak asing buat para pembaca yang tinggal di daerah Kepulauan Riau. Makanan ini 90% mirip dengan Panada, Hanya saja bentuk tampilannya saja yang berbeda. Jika Panada lebih condong seperti bentuk pastel, tapi tidak dengan Luti Gendang ini. Luti Gendang biasanya dibentuk oval dengan ukuran kecil, tidak jarang juga dibentuk untuk sekali suapan. Isiannya pun sama, karena berada di wilayah kepualauan sudah barang pasti yang dijadikan bahan utama adalah ikan. Abon tongkol lah yang paling sering dijumpai untuk mengisi Luti gendang ini. Tetapi ada juga yang Luti gendang dengan varian ayam atau tuna.
So Foodtizens, ada jajanan di daerah kalian yang mirip dengan ketiga jajanan di atas ? tulis di kolom komen ya.

Comments

Popular Posts