5 SATE UNIK INDONESIA YANG JARANG TEREKSPOS (PART 2)

Meneruskan postingan sebelumnya tentang sate sate unik di Indonesia, saya akan rangkum beberapa sate unik lagi dengan khas Nusantara.

1. SATE BUNTEL

Sate Buntel

Sate ini mirip dengan daging kebab dari timur tengah.Karena sate ini juga dibuat dari cincangan daging sapi ataupun kambing. Kemudian dibungkus selaput membran atau lemak dan hanya dililitkan membungkus pada tusukan bambu. Setelah dibakar menggunakan arang ada beberapa model sate buntel yang dipisahkan dari tusukan bambu dan diiris iris menjadi beberapa bagian, dan ada juga yang langsung bisa disantap tanpa dipisahkan dari tusukan bambunya. Biasanya sate buntel ini didampingi dengan saus kecap manis dan merica.

2. SATE KERE

sate kere

Sama seperti sate Buntel, sate Kere ini biasa di temui di daerah Jawa Tengah. Konon sate kere ini dikisahkan sudah ada sejak zaman kolonial belanda, disaat para kolonial memakan sate dengan isian daging, rakyat Indonesia hanya bisa membuat dan makan sate dari olahan tempe (tempe gembus) yang terbuat dari sari kedelai. Tetapi seiring dengan perkembangan selera dan zaman kita sekarang lebih sering menemui sate kere dari tempe gembus yang dikombinasikan dengan usus dan jeroan. Dan dihidangkan dengan bumbu kacang yang lebih mirip dengan bumbu pecel tetapi lebih kental. Seperti nama dan sejarahnya, 'kere' dalam bahasa jawa berarti 'miskin', karena dahulu yang memakan sate ini adalah kalangan bawah. tetapi sekarang sate ini naik strata dan yang menikmatinya bukan hanya orang kalangan bawah tetapi semua kalangan. Sate kere ini adalah salah satu sate yang menjadi favorit Presiden Indonesia, Presiden Joko Widodo.

3. SATE LILIT

sate lilit
Kali ini sate khas dari Pulau Dewata, Sate ini terbuat dari daging cincang, bisa daging sapi, ayam, ikan, babi, atau kura-kura. Berbeda dengan sate biasa yang terdiri dari potongan daging kecil, sate lilit berasal dari daging cincang yang dicampur kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.  Kemudian dibungkus melilit dengan tusukan bambu pipih, batang tebu, atau batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang. Rasanya berbeda dengan sate daging biasa namun tetap lezat.

4. SATE AMPET

sate ampet

Bergeser dari Pulau Bali ke Lombok, di ibukota Nusa Tenggara Barat ini juga tidak ketinggalan mempunyai sate khas yang bisa dibanggakan. Namanya sate Ampet. Meski dibuat dengan daging jeroan sapi dan daging sapi seperti kebanyakan sate lainnya. Tetap saja yang membedakan adalah bumbunya. sate ini juga memakai santan dan rempah rempah seperti beberapa sate lainnya.


5. SATE MARANGGI
sate maranggi


Sate Maranggi adalah sate khas Sunda yang ditemukan di PurwakartaCianjur, dan BandungJawa Barat. Sate ini terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing. Bumbu sate ini dibuat dari bumbu khusus, yaitu pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Kecombrang memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol. Sate ini dihidangkan dengan ketan (jadah) atau nasi putih. Nah, sate ini yang saya suka karena rasanya segar! Namun agak sulit juga menemukan sate maranggi di luar daerah Jawa Barat.

Ternayata banyak juga kan Foodtizens sate sate unik asli Indonesia yang unik unik dan enak enak banget, saya juga yakin kalian juga ada yang baru mengenal sate jenis diatas ? Benar kan. Sampai jumpa di postingan berikutnya Foodtizens.



Comments

Popular Posts