SEMPAT DIKIRA MAKANAN KOREA DAN JEPANG, TERNYATA SATE TAICHAN ASLI INDONESIA


Hampir satu tahun belakangan ini, pastinya buat orang orang yang suka kulineran diviralkan dengan jajanan sate unik bernama Taichan. Muncul pertama kali di Jakarta semanjak tahun 2016, sate unik ini berkembang pesat di beberapa daerah lain. Pasti banyak orang yang terkecoh dengan nama taichan ini. Banyak orang yang berfikir jajanan sate ini berasal dari daerah Korea atau mungkin Jepang, yang 'diimpor' resepnya ke Indonesia ? ada yang sempat berfikiran seperti itu ?


Ternyata Taichan ini memang berasal asli dari Indonesia berawal dari hal yang bisa dibilang secara tidak sengaja. "Pertamanya ada pasangan yang laki-laki orang Jepang yang perempuan orang kita (Indonesia), masih ingat saya nama perempuannya, Inet. Laki-lakinya itu mau bikin sate sendiri. Dia kasih garam ke dagingnya sama jeruk (nipis) dan sambal. Terus saya tanya 'Ini sate apa namanya?' kata orangnya 'taichan!'," cerita Amir yang kami kutip dari travel.kompas.com .

taichan goreng

Dan karena kisah singkat ini, banyak pedagang pedagang kaki lima hingga kedai yang berjualan sate Taichan ini seperti pengalaman Pak Amir. Ditunjang dengan rasanya yang asin gurih, dicampur dengan sambal merah pedas asam karena ditambah perasan jeruk nipis. Apalagi harganya memang cukup terjangkau untuk berbagai kalangan.  Dan beberapa waktu belakangan ini ada inovasi yang muncul dari Taichan sendiri yaitu Taichan goreng, yang mungkin diprediksi akan menjamur juga di berbbagai daerah.

Ternyata kisah sesederhana seperti itupun bisa menjadi pintu rejeki buat banyak orang, jadi Foodtizens sekarang udah pada tahu kan darimana asal Taichan dan cerita yang melatarbelakanginya ? Yuk kita kepoin artikel artikel yang lainnya di blog ini.

Comments

Popular Posts