FAKTA UNIK TENTANG SIOMAY YANG SEHARUSNYA KAMU TAHU



FOOD FACT :

Siapa sih yang engga kenal sama makanan rakyat ini ?. Mungkin kita sudah dari kecil mengenal siomay sebagai jajanan kesukaan anak dalam negeri. karena harganya yang memang murah, dan cocok sama lidah lintas etnis. Tetapi makanan yang telah diakui secara tersirat sebagai makanan khas kota Kembang Bandung ini ternyata bukanlah asli dari Nusantara. Siomay awalnya muncul dari negerti Tirai Bambu China (Tiongkok). Tapi bagaimana bisa terkenal hingga ke Indonesia ? Jajanan ini dibwa oleh pedagang pedagang Tiongkok yang berdagang di Nusantara hingga sekarang ini.

Faktanya, Siomay dalam tradisi Tiongkok disajikan sebagai makanan rumahan. Dari asalnya Siomay ini dibuat dengan menggunakan daging babi yang dicincang sebagai isi, yang dibungkus dengan kulit pangsit. Disajikan bersama-sama penganan lain untuk makan pagi (dimsum) atau sambil minum teh (Yam Cha). Siomai atau siomay Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini di sebut shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit.

di indonsia sendiri makanan ini cukup melekat pada nama daerah di jawa barat yaitu Bandung asal muasal siomay bandung ialah ketika seorang ibu keturunan Cina warga Bandung. memenangi kejuaraan membuat siomay pada acara Cap Go Meh. Sejak itulah nama bandung melekat pada makanan ini.

Comments

  1. Agen sabung ayam online merupakan jenis situs yang memberikan panduan cara bermain sabung ayam supaya menang di s1288
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete

Post a Comment