Yang Diet Harus Tahu! Perbedaan Ice Cream, Gelato, dan Sorbet

Ice cream, Gelato, Sorbet


Jika dilihat secara sekilas apakah anda bisa membedakan ketiga gambar ini dan mengatakan namanya ? mungkin banyak dari kita yang sepakat bahwa ketiga gambar tersebut adalah es krim. Masalahnya apakah itu benar ? dan ternyata itu salah kaprah, karena dari masing masing gambar ini adalah jenis yang berbeda. Berbagai kalangan pasti menyukai ice cream, tak hanya anak anak tapi orang dewasa juga menggemarinya, wanita ataupun laki laki, karena sifatnya yang universal menjadi alasan bagi orang menganggap ketiganya sama. Yuk mari kita bahas Foodtizens.

1. Ice Cream

Ice Cream

Dari asal namanya saja kita sudah terlintas bahwa jenis yang satu ini terbuat dari krim yang membeku. Jadi bukan rahasia jika es krim memiliki rasa krim yang kuat. Tapi bukan hanya itu, bahan dasar membuat es krim adalah kepala susu (bukan susu) dan kuning telur. Karena sifatnya yang mengembang maka dari itu biasanya pembuatan es krim menggunakan mesin. Pencampuran bahan bahan tersebut diaduk secara konsisten dan membuat gelembung udara masuk pada saat proses pengadukan.
Biasanya seporsi es krim dapat mengembang 25% hingga 90 persen, meskipun sifatnya mengembang tetapi es krim yang paling baik dan premium adalah yang lebih padat, tingkat mengembangnya hanya berkisar di 25% hingga 30% saja. Dan yang paling penting untuk diketahui khususnya wanita, es krim mengandung 12-14 persen lemak mengingat bahannya adalah dari kepala susu (lemak kental yang berada pada permukaan air susu).

 2. Gelato

Gelato

Secara harfiah Gelato sendiri berasal dari Bahasa italia yang juga berarti ice cream, tetapi dalam perjalanannya gelato seperti terpisah dari arti katanya, karena bahan dan pembuatannya yang berbeda. Jadi jika ada yang menyamakan gelato sama dengan ice cream menjadi tidak salah dan tidak benar, karena asal katanya yang sama tetapi bahan dan pembuatan yang berbeda.
Jika es krim memakai kepala susu pada bahannya, Gelato sendiri memakai bahan dasar susu, gula, kuning telur dan air. Dan pembuatannya hanya diaduk menggunakan tangan dengan kecepatan pelan, inilah sebabnya mengapa Gelato lebih disebut home made. Karena diaduk dengan kecepatan pelan, menjadikan gelato lebih padat karena taka da gelembung yang masuk dalam prosesnya. Rasa gelato tak setajam ice cream dan kandungan susu nya juga lebih terasa. Dan yang paling penting adalah Gelato hanya mengandung 1-3 persen lemak karena tak mencampurkan kepala susu pada bahannya.

3. Sorbet

Sorbet

Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya ya seperti serbuk es. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana: buah, air, dan gula. Proses pembuatannya sedikit banyak mirip dengan gelato, hanya menghilangkan unsur susu, krim, dan kuning telur. Sorbet sendiri sejauh ini lebih menggunakan rasa buah sebagai rasa dominannya. Anda tidak perlu takut karena memang lemak yang terkandung hanya sedikit sekali. Dan sepertinya akan lebih banyak lagi makanan makanan serupa dari Ice Cream, Gelato, dan Sorbet, karena berbeda cara pembuatan dan salah satu bahannya saja bisa mengubah nama.

Sampai jumpa di postingan berikutnya Foodtizens.


Comments

Popular Posts