Jangan cuma tahu Pecel Lele, Ini pecel pecel asli di Nusantara

Bagi penikmat makanan Nusantara, rasanya belum bisa dikategorikan sebagai pecinta kuliner Nusantara kalau engga tahu apa itu pecel. Kalau kamu baca ini dan kamu masih bertanya tanya makanan apa itu pecel, kayanya kamu engga perlu tinggal di Indonesia deh saking kebangetannya. Nah di artikel kali ini kita akan bahas beberapa pecel yang ada di Indonesia khususnya pulau Jawa.

1. Pecel Madiun

Referensi pihak ketiga
Wah kalau ini sih memang empunya pecel. Karena sudah diakui bahwa pecel adalah ikon kuliner dari Kota Gadis ini, maka ga perlu heran kalau pecel Madiun memang enak banget.Yang paling membedakan pecel Madiun dari pecel kota lainnya adalah cara membungkusnya yang menggunakan pincuk. Pincuk ini biasanya dari daun pisang yang dibentuk seperti di gambar. Bukan hanya dari penyajiannya, pecel Madiun punya isian yang khas. Selain dari aneka sayuran rebus, juga ditambahkan petai cina atau kemangi. Kebayang kan enaknya kalau ditambahkan tempe tahu dan bakwan goreng sebagai lauknya. Dan yang ga kalah unik adalah krupuk Lempeng sebagai teman makan.

2. Pecel Ponorogo

Referensi pihak ketiga
Bergeser sedikit dari kota Madiun dan masuk ke kota Reog. Masih sama sama satu ‘rumpun’ denga Madiun tetapi ada perbedaan dari penyajian pecel mereka. Alih alih memakai petai cina, Pecel Ponorogo punya khas tersendiri yaitu menggunakan trancam. Salah satu komponen wajib dalam pecel Ponorogo ini berupa cacahan mentimun yang dicampur dengan kol, tauge, kacang panjang, parutan kelapa, dan bumbu trancam yang pedas-gurih. Atau, ada juga beberapa daerah yang hanya memakai cacahan mentimun saja. Trancam atau cacahan mentimun nantinya diletakkan di atas nasi bersama sayur rebus lain dan disiram saus pecel yang lebih pedas dari Madiun. Jangan lupa menyantapnya dengan tempe mendol, tempe kepleh, mendoan, wader, rempeyek, hingga telur goreng, ya!

3. Pecel Tumpang

Referensi pihak ketiga
Anda penggemar sambal tumpang? Kalau begitu, jangan sampai tak mencicipi sajian pecel khas Kediri ini. Pecel tumpang adalah pecel sayur yang dituang sambal tumpang. Sambal ini terbuat dari tempe semangit yang dimasak dengan santan, cabai, dan bumbu pecel pada umumnya. Gurihnya sambal berpadu dengan aneka sayur seperti bayam rebus, kacang panjang, tauge, dan kemangi. Mantap!

4. Pecel Kecombrang

Referensi pihak ketiga
Bunga kecombrang identik dengan tampilannya yang berwarna merah muda. Aroma wanginya sangat khas dan rasa yang asam ini membuat pecel khas Purwokerto semakin istimewa. Pada dasarnya, di daerah ini banyak tumbuh bunga kecombrang. Namun sayangnya, kehadiran sajian pecel ini mulai langka dan anda perlu blusukan untuk menemukan pecel kecombrang. Sayur yang dipakai hampir sama dengan pecel madiun dan rasa sambal pecelnya juga tak terlalu pedas.

Yap Foodtizens itu dia beberapa sajian pecel dari Foodtizens, ada yang mau nambahin ? tulis di kolom komentar

Comments

Popular Posts